RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah :
Smp N 6
langsa
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/Satu
Materi Pokok : Persamaan linear satu variabel
Alokasi
Waktu : 1
Pertemuan (60 menit)
A.
Kompetensi Inti
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1
|
1.1.Memiliki rasa ingin
tahu dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya
dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
|
1.1.1 Bersemangat dalam mengikuti pembelajaran
matematika.
1.1.2 Serius dalam mengikuti pembelajaran
matematika.
|
2
|
2.2.Memahami konsep dan menggunakan bahasa dalam
mendeskripsikan suatu persamaan linear satu variable.
|
2.2.1 Suka bertanya selama proses pembelajaran.
2.2.2 Suka mengamati sesuatu yang berhubungan
dengan persamaan linear satu variabel.
2.2.3 Tidak menggantungkan diri pada orang lain
dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan persamaan linear satu
variabel.
|
3
|
3.3.Membuat dan menyelesaiankan persamaan linear satu variabel.
|
3.3.1. Dapat memberikan contoh
persamaan linear satu variabel yang lain.
3.3.2. Dapat menentukan yang mana
kalimat terbuka dan kalimat yang lainnya.
3.3.3. Dapat menentukan variabel dan
konstanta pada PLSV.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
KI
1 dan KI 2
Peserta
didik:
1.1.1.bersemangat dalam mengikuti
pembelajaran matematika.
1.1.2.serius dalam mengikuti
pembelajaran matematika.
2.2.1.suka bertanya selama proses
pembelajaran.
2.2.2.suka mengamati sesuatu yang berhubungan dengan
persamaan linear satu variabel yang ada.
2.2.3.tidak menggantungkan diri pada orang lain
dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan PLSV.
KI
3 dan KI 4
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik:
3.1.1 Dapat memberikan contoh persamaan
linear satu variabel yang lain.
3.1.2
Dapat
menentukan yang mana kalimat terbuka dan kalimat yang lainnya.
3.1.3
Dapat menentukan variabel dan
konstanta pada PLSV.
Materi Pembelajaran
1.
kalimat
terbuka, variabeldan konstanta.
2.
Pengertian
persamaan linear satu variabel
3.
Menyelesaikan
persaamaan linear satu variabel.
Berikut
disajikan tiga
masalah dan contoh terkait persamaan
linear satu variabel. Diskusikan pemecahan masalah berikut bersama teman
kalian. Jika memungkinkan temukan pemecahannya.
D.
Pendekatan,
Model,Metode Pembelajaran
1.Pendekatan : student centered approach
2.Model : Student Team Achievement Division (STAD)
3. Metode :
tanya jawab, diskusi, penugasan.
E. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
Alat peraga plsv
2.
Alat dan bahan
3.
Sumber belajar
Kementerian
Guruan dan Kebudayaan. 2014. Matematika SMP Kelas 7. Jakarta: Kementerian
Guruan dan Kebudayaan. (hal. ….)
F.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Pendahuluan
(10 menit)
1.
Guru menyiapkan
siswa untuk siap menerima pelajaran;
2.
Guru dan siswa
mengadakan tanya jawab berkaitan dengan pengertian persamaan linear satu variabel;
a. Apa yang dimaksud dengan persamaan?
b. Apa sifat-sifat dari persamaan ?
c. Berikan contoh permasalahan sehari-hari
yang mengandung konsep persamaan, dan beri alasan jawabanmu tersebut!
3. Guru memberikan permasalahan/kasus
untuk memberikan tantangan yang berlawanan dengan konsep persamaan linear satu
variabel, yaitu
Perhatikan
peristiwa berikut:
Siti membeli 25 buah jeruk dari sebuah
toko buah. Sesampai di rumah, 3 orang adik, dan 5 orang keponakannya meminta
jeruk tersebut sehingga jeruk Siti sekarang bersisa 9 buah.
a.
Ubahlah cerita
tersebut kedalam kalimat terbuka matematika
b.
Berapa banyak
jeruk yang diminta ke 3 adik dan 5 orang keponakannya?
c.
Temukan fakta
fakta yang kamu dapat dari kalimat terbuka yang kamu peroleh
b.
Kegiatan Inti (50 menit)
1.
Siswa diminta
untuk membentuk kelompok seperti yang ditentukan guru;
2.
Sebelum
melakukan proses diskusi, seluruh anggota kelompok diberi waktu untuk melihat
apa yang dijeaskan oleh guru.
3.
Guru memberikan
LKS (Lembar Kerja Siswa) dan selanjutnya melalui aktivitas diskusi kelompok
a. memahami pengertian/konsep persamaan
linear satu variabel,
b. memahami contoh soal persamaan linear
satu variabel yang diberikan,
c. menyelesaikan soal-soal latihan yang
diberikan dalam LKS,
d. membuat dan mempresentasikan laporan
kelompok berupa poster sesuai permasalahan yang diberikan dalam LKS;
4.
Siswa diberi
waktu untuk melihat seluruh poster hasil kerja kelompok-kelompok yang di pajang
di dalam kelas dan memberi saran atau koreksi terhadapnya;
5.
Siswa
mengerjakan quiz (tes kecil)
c.
Penutup (10 menit)
1.
Siswa dan
guru merangkum isi pembelajaran yaitu tentang pengertian dan sifat-sifat persamaan linear satu variabel.
2.
Siswa
melakukan refleksi dengan dipandu oleh Guru;
3.
Guru memberi
pekerjaan rumah dari buku siswa.
G.
PENILAIAN
1.
Jenis
/teknik penilaian: tes lisan dan tulisan
No
|
Aspek yang diamati/dinilai
|
Tehnik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap bersyukur
|
Penilaian diri
|
|
2.
|
Sikap ingin tahu
|
Pengamatan,
Penilaian Diri
|
Kegiatan Inti dan Penutup
|
3.
|
Sikap ketertarikan
|
Pengamatan,
Penilaian Diri
|
Kegiatan Inti dan Penutup
|
4.
|
Pengetahuan:
kemampuan menyelesaikan persamaan linear satu variabel.
|
Penugasan 1
(membedakan antara variabel dan konstanta)
Penugasan 2 (mengerjakan
mengerjakan tugas )
|
Kegiatan Inti
Awal pertemuan berikutnya
|
2.
Intrumen
penilaian
KUIS
(Waktu: maksimal 12 menit)
Petunjuk:
a.
Baca soal di
bawah dengan seksama kemudian jawablah soal-soal di bawah ini dengan menguraikannya selengkap mungkin.
b.
Kerjakan soal
berikut secara individu, tidak boleh bekerjasama.
Soal
:
a. 2x + 2 = x + 3
b. 4x – 2 = x – 3
c. -3x + 4 = -x + 3
d. 5x + 4 = 2x +
PENILAIAN
1.
Sikap Spiritual
a.
Teknik
Penilaian: Observasi dan Penilaian Diri.
b.
Bentuk
Instrumen: Lembar observasi dan Lembar Penilaian Diri.
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Butir Nilai
|
Indikator
|
Jumlah Butir Instrumen
|
1.
|
Bersyukur atas anugrah Tuhan.
|
Bersemangat dalam mengikuti
pembelajaran matematika.
|
1
|
Serius
dalam mengikuti pembelajaran matematika.
|
1
|
||
JUMLAH
|
2
|
2.
Sikap Sosial
a.
Teknik
Penilaian: Observasi dan Penilaian Diri.
b.
Bentuk
Instrumen: Lembar Observasi dan Lembar Penilaian Diri.
c.
Kisi-kisi
No.
|
Butir Nilai
|
Indikator
|
Jumlah Butir Instrumen
|
1.
|
Memiliki rasa ingin tahu dan
percaya diri.
|
Suka
bertanya selama proses pembelajaran
|
1
|
Suka
mengamati sesuatu yang berhubungan dengan pola yang ada.
|
1
|
||
Tidak
menggantungkan diri pada orang lain dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan
dengan pola PLSV.
|
1
|
||
Berani
presentasi di depan kelas.
|
1
|
||
JUMLAH
|
4
|
3. Pengetahuan
a.
Teknik
Penilaian: Tes.
b.
Bentuk
Instrumen: Uraian.
c.
Kisi-kisi
No.
|
Indikator
|
Jumlah butir soal
|
Nomor Butir Instrumen
|
1.
|
kalimat terbuka, variabeldan
konstanta.
|
3
|
1(a,b,c)
|
2.
|
Menyelesaikan persaamaan linear
satu variabel.
|
3
|
2(a,b,c)
|
Jumlah
|
6
|
Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Sikap “teliti dan tanggung jawab”
1.
Indikator pencapaian sikap teliti dan tanggung jawab:
i. Memiliki pendirian dalam menyelesaikan tugas
ii. Berpendirian teguh dalam menyelesaikan tugas
iii. Tidak ceroboh dalam menyelesaikan tugas
iv. Memeriksa hasil pekerjaan
2.
Cara penilaian sikap teliti dan tanggung jawab :
i. Observasi
ii. Penilaian Diri
iii. Penilaian Antar Siswa
b. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Pilihan : Tes tulis
Indikator :
Siswa dapat
menentukan hasil persamaan
linear satu variabel Instrumen dan pedoman penskoran terlampir
Alternatif pedoman penskoran jawaban soal:
No
|
Aspek
Penilaian
|
Rubrik
Penilaian
|
Skor
|
1.
|
Pemahaman
terhadap konsep
|
Dihubungkan
dengan perbedaan
variabel dan konstanta
|
5
|
Dihubungkan dengan perbedaan variabel dan konstanta
belum benar
|
3
|
||
Sama
sekali tidak dihubungkan dengan
perbedaan variabel dan konstanta belum benar
|
1
|
||
Tidak
ada respon/jawaban
|
0
|
||
2.
|
Kebenaran
jawaban akhir soal
|
Jawaban
benar
|
5
|
Jawaban
hampir benar
|
3
|
||
Jawaban salah
|
1
|
||
Tidak
ada respon/jawaban
|
0
|
||
3.
|
Proses
perhitungan
|
Seluruhnya benar
|
5
|
Sebagian
besar benar
|
3
|
||
Sebagian
kecil saja yang benar
|
2
|
||
Sama
sekali salah
|
1
|
||
Tidak
ada respon/jawaban
|
0
|
||
Skor maksimal =
|
15
|
||
Skor minimal =
|
0
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar